Selasa, 03 Februari 2009

MISTERI PESONA PANTAI SELATAN

BismilaH,,,
Bandung, 30 Januari-1 Februari 2009





Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika ITB (HIMA TG TERRA ITB) melakukan perjalanan ke Pelabuhan Ratu. Acara ini dinamakan GEOFIESTA 2009.
Rangkaian Acara BeruPa Field Trip, Bakti Sosial dan Malam Gethering.











Berbicara seputar pelabuhan ratu,,,
Sebuat pantai dengan sejuta pesona. Layaknya pesona sang putri yang menguasai Pantai Selatan.
Mungkin kita semua telah tau tentang berbagai cerita di balik Misteri Pelabuhan Ratu yang seriang memakan Korban. Berikut saya kutip sedikit Legenda tentang Misteri Ratu pantai Selatan yang bersemayang di pantai selatan tepatnya di Pelabuhan Ratu :

"Dikisahkan bahwa Kanjeng Ratu Roro Kidul adalah puteri seorang raja dari isteri pertama. Suatu ketika terjadi intrik dalam kerajaan yang dipicu oleh kecemburuan isteri-isteri raja yang lebih muda. Akibatnya, Kanjeng Ratu Roro Kidul dan ibunya diserang suatu penyakit aneh (teluh/santet) dan diusir dari kerajaan. Si ibu menemui ajal, sedangkan Roro Kidul mencari kesembuhan dengan berdiam di kawasan pantai selatan. Disini, ia berjumpa dengan jin penguasa laut yang menjanjikan kesembuhan penyakitnya tetapi dengan syarat Roro Kidul harus ikut ke dalam kerajaan lautnya. Roro Kidul menyanggupinya. Selanjutnya, Kanjeng Ratu Roro Kidul diangkat menjadi ratu setelah penguasa sebelumnya meninggal. Dendam nya pada pada orang2 yang telah menjahati dirinya, ia selalu meminta tumbal. Terutama orang2 yang berasal dari keturunan orang2 yang telah menjahati dirinya,,,,"

Demikian lah legenda, mengapa pantai selatan begitu banyak memakan korban khususnya di pelabuhan ratu.



NaAaaH,,,
Sebagai seorang Geophysicist, kami mencoba membuka mata dan memandang dari sisi yang lain. Dari segi ilmiah, memandang kejadian2 tersebut dari segi geologi, geofisika, dll.
Melalui acara Field Trip yang saya ikuti, saya mendapat kan berbagai informasi tentang misteri pelabuhan ratu yang banyak memakan korban.




Daerah karang Hawu yang merupakan daerah terbanyak yang memakan korban jiwa. Merupakan sutu daerah pertemuan lempemg tektonik. Daerah tersebut mengalami subduksi dan terangkat. Batuan yang muncul ke permukaan berupa batuan breksi,dll. Tektur batuan nya sangat berongga2 (akibat ombak dan arus laut rongga semakin membesar). Batuan yang berada di dalam laut pun demikian, banyak rongga-rongga.

Akibat rongga-rongga tersebut, arus air yang masuk semakin kuat dan terjadi pusaran-pusaran yang sangat kuat. Oleh karena itu lah, orang -orang yang terbawa pusaran tidak dapat di temukan , karena mungkin terperangkap dalam rongga-rongga tersebut. Selain itu arus menjadi semakin kuat akibat tektur batuan tersebut, sehingga banyak orang yang hanyut terbawa arus pusaran.

Hmm,,,,,,,
ternyata sebuat misteri tentang cerita pelabuhan ratu, dapat di ungkapkan secara ilmiah.
Puas sekali rasanya bisa mendapatkan jawaban yang ilmiah.

Namun sebagai makhLuk tuhan yang maha esa, saya tetap mempercai adanya makhluk selain manusia di bumi ini. Entah itu jin, dll....
hanya Allah yang tau rahasia alam semesta ini...





_assaLamualaikum,,, (",)








2 komentar:

  1. Hebat...hebat....hebat
    memang benar di dunia ini segala sesuatu bisa terjadi namun di balik kejadian itu janganlah kiranya kita menuduh sembarangan...
    hanya karena mitos..belaka

    BalasHapus
  2. informasinya ada sebuah makam disitu ? makam siapa ya ?

    BalasHapus