Minggu, 11 Desember 2011

Recruitment - British Petroleum (BP) Indonesia

Hello,
Sudah lama tidak menulis di blog ini. Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya pada masa recruitment sebuat perusahaan minyak bernama British Petroleum (BP) Indonesia pada tahun 2010. Ada banyak cara perusahaan-perusahaan di indonesia menyeleksi calon pegawainya. Namum pada umumnya ada tiga tahap penting, yaitu psikotest, interview,medical check.  Untuk BP, ada beberapa hal unik yang saya temukan dalam proses seleksi yang tidak ada di lakukan pada perusahaan lainnya.
  1. Seleksi Administrasi. Seluruh calon pegawai akan di seleksi berdasarkan CV dan berbagai informasi yang dimasukkan. Semua dokument di masukkan secara online. Ada ribuan pelamar, yang nantinya akan dipersempit menjadi ratusan untuk melakukan tahap selanjutnya. Umumnya persyaratan sangat standar, seperti IPK>3, melampirkan surat lamaran, bukti prestasi, sertifikat kegiatan , dll. Bila lulus dari tahap ini, akan dikirimkan email untuk melakukan aptitude test.
    Tips : Jangan pernah membuat CV lebih dari 2 halaman. Cukup cantumkan hal-hal yang related dengan pekerjaan ini dan yang terbaik saja.
  2. Aptitude test, atau umumnya disebut psikotest. Untuk hal ini pun BP melakukan hal unik, yaitu online test. Akan ada beberapa soal verbal, kuantitatif,dll yang harus di jawab pada rentang waktu tertentu. Jika lulus tahap ini, akan mendapat pemberitahuan untuk melakukan interview. Biasanya ada puluhan orang yang akan dipanggil saat interview pertama.
    Tips : Banyak latihan sebelum test, karena otak akan semakin cepat berpikir ketika sudah terlatih. Selain itu, jauhkan berbagai ganguan selama test berlangsung.
  3. Interview Pertama. Pada tahap ini peserta di hadapkan pada dua orang penguji. Keduanya merupakan specialist pada bidangnya masing2. Lima menit pertama pertanyaan yang ditanyakana adalah hal-hal yang bersifat personality, organisasi, bagaimana menyesaikan masalah, dll. Pada 25menit berikutnya, peserta di hadapkan pada pertanyaan technical bidang masing-masing.
    Tips : Banyak-banyaklah belajar ilmu-ilmu basic. Untuk geophysicist : seismic processing, interpretasi, well logging, petroleum system, dll.
  4. English Test. Nah, inilah hal unik berikutnya yang saya temukan di perusahaan ini. Peserta harus melakukan test bahasa inggris. Saya ingat sekali, testnya mirip sekali dengan test masuk berbagai tempat kursus bahasa inggris.
  5.  Interview Kedua. Pada tahap ini, peserta yang bersisa sekitar belasan orang. Peserta akan bertemu dengan Supervisor/Manager department secara langsung. Umumnya pada tahap ini, tidak akan ada lagi pertanyaan technical question. Pertanyaan sangat ringan, seperti cita-cita, hobby, dll. Hal yang ingin dilihat adalah, apakah si manager/supervisor ini "SUKA atau TIDAK" dengan anda karena dialah yang akan banyak berinteraksi dengan anda.
    Tips : Make a good image about your self. Bersikap ramah, attractive, taking attention dgn percapan tersebut.
  6. Medical Check. Ini tahap umum. Seluruh kesehatan tubuh diperiksa. Pada umumnya, apabila tidak memiliki penyakit yang terlalu berat, akan lolos.
    Tips : Kata orang-orang tua, minum air kelapa untuk membersihkan darah. Tapi nggak tau deh mitos atau fakta. hahhaaha
  7. Offer Letter. Sebuah surat yang menyatakan anda diterima, berikut rincian gaji dan benefit yang di dapat. Pada masa saya, dari ribuan pelamar, hanya lima orang yang mendapatkan offer letter. Tiga orang geologist, dan dua orang geophysicist. Namun seperti kata orang-orang tua, rezeki mah ngak kemana.
    Tips : Periksa kembali semua detail. Apakan gaji yang ada cocok dengan kebutuhan anda, benefit yang didapat, jaminan kesehatan, dll. Sebagai tambahan, mintalah restu dari orang tua, dan yakinkan diri dengan meminta petunjuk tuhan yang maha esa. Apabila yakin, silahkan bubuhkan tanda tangan anda pada kolom yang tersedia.
Note : Pada tahun 2011, perusahaan ini melakukan perubahan pada tahap seleksinya. Di tambahkan Workshop session, atau umumnya dikenal dengan nama Forum Group Discussion (FGD). Tahap ini akan dilihat kecakapan secara technical, personal, dan leadership.

"Practice makes perfect". Itulah tips umum dari saya. banyak-banyak lah melakukan persiapan sebelum semua proses di atas. Berlatihkan soal-soal psikotest, berlatih interview, dll. Soal-soal interview secara umum banyak tersedia di rumah om " Google", tinggal berlatih bagaimana menjawab secara mantap dan profesional.

Semoga bermanfaat. Let me know if you have any question.


7 komentar:

  1. berapa lama prosesnya dari memasukan CV sampai anda di panggil untuk tes? saya sudah terima email konfirmasi tapi belum dipanggil untuk test psikotest

    BalasHapus
  2. apakah universitas juga dilihat?

    BalasHapus
  3. Lumayan lama 2-4 bulan.
    Menurut saya semua aspek diliat oleh perusahaannya. Tapi balik lagi, kalo personal nya kt kuat, mau dr univ mana g akan berpengaruh.

    BalasHapus
  4. udah masuk ke BP ya maba... :)

    BalasHapus
  5. Terima kasih sharing ilmu nya Mbak Indah, Bismillah.


    Aan dari Kota Duri - Riau

    BalasHapus
  6. kak bagaimana cara memasukkan lamaran ke british peltroleum ini ??, soalnya di infoloeongan yang saya punya tidak ada tercantum alamat email ataupun alamt untuk mengirim surat lamaran kerja

    BalasHapus
  7. Kak minimal ipk brp di bp???

    BalasHapus