Kamis, 02 Mei 2013

Recruitment - ExxonMobil Indonesia

Postingan ini sudah telat sekali, pengalaman saya 2010 lalu. Saya harap masih berguna buat pembaca sekalian. Saya fokuskan postingan ini untuk Geoscientist (Geologist&Geophysicist), karena memang ada sedikit perbedaan dalam sistem requirement nya.Tapi overall tipe2 orang yang disukai perusahaan sepertinya kurang lebih sama.

ExxonMobilmempunyai program yang cukup unik. Persyaratanuntuk menjadi geoscientist di ExxonMobil adalah minimal S2 Luar negeri (Australia, Amerika, Eropa). Sementara, cukup sulit menemukan lulusan S2 di indonesia,mereka membuat sistem yang berbeda untuk recruitment di indonesia. (*sekali lagi, ini khusus geoscientist ya). Sistem recruitment ExxonMobil juga berbeda dari perusahaan lain, dan benefit yang di dapatkan juga berbeda.

1. Seleksi administrasi
Mereka langsung datang ke universitas dan membuka pendaftaran di departement/jurusan masing2. Pernyaratan IPK untuk Geologist/Geophysicis 3.25, sedangkan engineer lebih tinggi yaitu 3,5. Selanjutnya, mereka mengambil 10 orang terbaik dari setiap universitas, dan melakukan interview di kampus.

2. Interview Kampus
Orang yang terbaik dari setiap kampus, dipanggil untuk interview. Interview ini sekitar 30-45 menit. Ada 2-3 orang interviewer (1 Indonesian, 1 American). Pertanyaan yang ditanyakan berkisar tentang personality, bagaimana menyelesaikan masalah, organisasi, dan hal-hal unik tentang personality kita. Lalu interview ditutup dengan pertanyaanyang lebih psikologis, yang bisa menjebak karena sadar tidak sadar personality asli kt bakal keluar (susah dijelasin, mau detailnya email aja ya)

3. Workshop.
Setelah interview kampus, 30 orang mahasiswa terbaik dr seluruh indonesia di panggil ke jakarta untuk workshop. Saat itu semua peserta menginap di hotel Mulia selama 3 hari. Workshop ini berisi technical berhubungan dengan oil&gas industry. Dalam workshop ini diberikan materi, yang harus dipecahkan secara pribadi dan kelompok, lalu dipresentasikan di depan semua orang.

Menurut saya tahap ini sangat sulit. Karena selain dituntut pinter secara technical, secara komunikasi (bahasa inggris), juga harus bisa memperlihatkan bahwa kita a good team player, bisa kerja team dan nggak egois. Selain itu ada tekanan mental, karena semua orang bener2 berusaha keliatan bagus dan show off ke recruiter. Apalagi selama 3 hari tersebut diiringi makan malam bersama orang-orang dari perusahaan, yang bener memberikan kesempatan buat "cari muka" ke mereka. Pengalaman yang nggak akan terlupakan.

4. Psikotest
Dari 30 orang yang mengikuti workshop, dipilihlah sekitar 10 orang untuk mengikuti tes psikologi. Pada dasarny ini test psikologi biasa yang sering ada di buku2 tes psikologi.

5. Medical Check
Dari 10 orang yang mengikuti psikotest, terpilihlah 3 orang yang dipanggil untuk medical check. Seperti biasa, keseluruhan tubuh ujung kaki sampai ujung rambut diperiksa untuk memastikan kita tidak memiliki penyakit berbahaya.

6. Background Check
Ini gaya perusahaan amerika. Mereka sengaja menyewa sebuah agen untuk memeriksa latar belakang kita dan keluarga. Sampai-sampai pak RT dan tetangga saya di kampung pun di hubungi oleh mereka.

7. Offer letter. 
Setelah lolos semuanya, kita mendapatkan over letter yang menyatakan kita diterima beserta detail benefit2 yang akan kita dapatkan.

Mengapa para peserta seleksi benar-benar berusaha mati2an untuk mendapatkan pekerjaan ini? Ini ini uniknya :

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Mereka memiliki program untuk para geoscientist agar bisa bekerja di ExxonMobil. Orang yang terpilih dari recruitment sebelumnya, akan dikirim ke Amerika serikat untuk melanjutkan sekolah masters dengan biaya full dari ExxonMobil. Selama dua tahun, orang-orang ini mendapatkan kesempatan belajar di Amerika, dan nantinya akan kembali bekerja di Indonesia.

So setelah tersisa 3 orang yang sudah mendapatkan offer letter dari ExxonMobil, mereka masih memiliki tahap seleksi yang lain.

1. Toefl test
2. GRE test
3. Application to the university in USA. Aplikasi ini menentkan apakah ada sekolah yang mau nerima kita di luar sana atau tidak. ExxonMobil tidak menjamin kita diterima, mereka hanya menjamin biaya. (*detail cara sekolah ke luar negeri akan saya tulis di postingan yang lain)

Naaah setelah lulus dari S2 di Amerika, baru deh resmi bergelar "Geoscientis" ExxonMobil.
Sungguh proses seleksi yang pangjang (2-3 tahun).

Semoga tulisan ini bermanfaat. Walaupun ini untuk geoscientist, saya rasa bisa ttp menjadi petunjuk buat jurusan lain. Initnya exxon suka orang yang :
1. Pinter , IPK bagus
2. Team Player , buktikan dengan pengalaman organisasi yang bagus2. Serta harus bisa menunjukkan kalo bukan orang yang egois yang suka unjuk muka sendiri.


Good luck!! kalo ada pertanyaan silahkan comment atau email ya.

Cheers,
Indah. 

3 komentar:

  1. hai...salam kenal,
    saya novi dari jakarta.
    saya tertarik untuk bekerja di exxonmobil, tapi bidang yang saya minati adalah human resource atau research & development.
    kira2 proses awalnya sama ga ya??
    mohon informasinya.
    terima kasih :)

    BalasHapus
  2. terima kasih untuk sharenya.. kemarin saya sudah mengikuti interview dengan user, kra2 berapa lama waktu untuk menunggu sampai dengan offer letter.. untuk posisi machinery technician.. terus sistem penggajian di exxon seperti apa mas terima kasih informasinya..

    BalasHapus